Istilah teknologi untuk Mobile Phone

Sering kita temui istilah-istilah dalam teknologi telepon seluler/handphone seperti GSM, CDMA, WCDMA, EVDO, HSDPAIstilah teknologi untuk Mobile Phone Sering kita temui istilah-istilah dalam teknologi telepon seluler/handphone seperti GSM, CDMA, WCDMA, EVDO, HSDPA, HSUPA, dan 1~4-G. Pengetahuan seperti ini kelihatan sepele dan tidak penting, akan tetapi akan menjadi suatu keingintahuan apabila kita sedang mencari telepon seluler baru. Oke, sekarang kita bahas satu persatu istilah tersebut;

• GSM merupakan teknologi komunikasi selular yang bersifat digital, dan merupakan singkatan dari Global System for Mobile communication. Teknologi ini menggunakan sistem timeslot atau paket data berdasarkan waktu.

• CDMA singkatan dari Code Division Multiple Access. Teknologi ini menggunakan system kode atau coding yang tertentu dan unik untuk mengatur panggilan.

• WCDMA sangat berhubungan dengan GSM, karena teknologi WCDMA diterapkan di telepon selular jenis GSM. WCDMA merupakan singkatan dari Wideband Code Division Multiple Access.

• EVDO merupakan singkatan dari Evolution Data Optimized. Teknologi ini untuk mendukung kecepatan tinggi pada jaringan CDMA.

• HSDPA adalah istilah untuk kemampuan suatu modem dalam men-download suatu file. Singkatannya dapat disebut juga sebagai High Speed Downlink Package Access. HSDPA merupakan generasi yang lebih baru atau suatu evolusi dari teknologi WCDMA, dengan kecepatan transfer lebih cepat 5 kali dari teknologi WCDMA.

• HSUPA adalah istilah untuk kemampuan suatu modem untuk meng-upload suatu file/data. Singkatannya adalah High Speed Upload Package Access.

• 1-G, 2-G, 3-G, dan 4-G merupakan singkatan dari first, second, third, and fourth – generation technology.

Generasi dalam bidang telepon seluler sebenarnya dimulai dari 0-G atau generasi awal/boleh dibilang konsep tahun 1940 an. Generasi ini dimulai dengan menggunakan pemancar frekuensi radio, seperti handy talkie.

Kemudian disusul dengan keluarnya teknologi 1-G atau generasi pertama tahun 1970 an, karena boleh dibilang telepon selular pertama kali menggunakan teknologi tersebut. Ukuran teleponnya pun besar-besar.

Tahun 1990 an muncul generasi 2-G, dengan teknologi CDMA (banyak digunakan di Amerika) dan GSM (banyak digunakan di eropa). Generasi tersebut juga dilengkapi dengan sistem SMS (Short Message Service), panggilan tunggu, dan pesan suara.

Dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama keluar generasi ke 3 yaitu 3-G. Generasi ini melengkapi generasi sebelumnya dengan menambahkan video call dengan teknologi tinggi, penunjang generasi ini adalah teknologi WCDMA, EVDO, dan EVDO 2000. Setelah teknologi generasi 3-G selang beberapa tahun muncul generasi 3,5-G dan 4-G. Generasi 3,5-G tidak berbeda secara signifikan dengan generasi 3-G.

Akan tetapi generasi 4-G merupakan generasi yang mampu untuk mengintegrasikan teknologi nirkabel yang telah ada seperti wireless broadband, wireless LAN, Bluetooth, dsb. Generasi ini dapat memungkinkan pengguna menggunakan berbagai macam system karena berdasarkan jaringan IP (Internet Protocol). Generasi terbaru ini didukung dengan kecepatan pengiriman data cepat untuk menunjang fasilitas seperti video conference, game online, dsb.