Lavoiser menemukan teori kekekalan massa dengan cara,

Pada suatu waktu Lavoiser melewati sebuah pasar, tidak disangka dipasar masih mengadakan SALE untuk ikan bandeng kesukaan Lavoiser sejak kecil. Belilah lavoiser ikan bandeng 3 kg dengan harga cukup 10 ribu rupiah. Ditaruhnya ikan bandeng tersebut dimeja dengan harapan istrinya akan melihat ikan tersebut dan memasak pepes bandeng kesukaannya seperti biasanya (hmmmm… jadi ikut ngiler nih.. membayangkan pepes bandeng). Ketika istrinya pulang dari tetangga dan melihat banyak ikan bandeng di meja, timbul keinginannya untuk mengundang teman-teman lamanya untuk reunion dan makan bersama.

Ketika malam tiba, pulanglah lavoiser dan alangkah bingung-nya mendapati ikan bandeng hanya tinggal duri-durinya saja. Bertanyalah lavoiser kepada istrinya, siapa yang menghabiskan ikan sebanyak ini? Istrinya menjawab, tuh.. kucingmu yang rakus telah menghabiskan semuanya. Akhirnya lavoiser makan malam dengan lauk seadanya saja.

Setelah makan malam dengan perasaan kecewa selesai, lavoiser mengambil timbangan dan menimbang kucing kesayangannya. Dengan mata melotot lavoiser berteriak cukup kaget, ikan bandengku seberat 3 kg, yang barusan aku timbang juga 3 kg, kalo ini ikan bandeng seberat 3 kg, lalu mana kucingnya?